Kilas

Jadi Proyek Percontohan, Terminal Giwangan akan Direvitalisasi

howdyindonesia.com – Kementerian Perhubungan akan melakukan revitalisasi angkutan massal di beberapa terminal tipe A di Indonesia. Terminal Giwangan Yogyakarta menjadi satu dari sembilan proyek percontohan 40 terminal tipe A yang akan segera direvitalisasi guna mendukung dan sebagai penyeimbang pembangunan infrastruktur tol.

Dilansir dari Antara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pekerjaan revitalisasi ini nantinya akan dilakukan dengan menitikberatkan pada peningkatan fungsi terminal sehingga nantinya Terminal Giwangan ini pada tahun 2024 akan memiliki penampilan yang berstandar seperti bandara.

Selain di Terminal Giwangan, pekerjaan revitalisasi angkutan massal juga akan dilakukan di wilayah lain seperti di Pekanbaru, Medan, Batam, Bandung, Semarang, Solo, dan Denpasar

“Kita melihat bahwa Terminal Giwangan ini harus direvitalisasi agar orang-orang yang selama ini tidak lagi naik bus, menjadi naik bus lagi. Oleh karenanya, Jogja akan menjadi satu dari lima percontohan yang akan kita bangun di tahun ini,” ungkapnya seperti dilansir dari Antara pada kunjungannya ke Terminal Giwangan pada Minggu (16/6).

Nantinya, setelah pekerjaan fisik dan fungsi operasional layanan telah selesai dilaksanakan, pemerintah akan melanjutkan program “buy the service” yakni kerjasama antara pemerintah dengan swasta. Pemerintah akan memberikan subsidi tarif, sedangkan pihak swasta sebagai penyedia moda transportasi, dalam hal ini seperti bus. Di terminal nantinya juga dapat dikembangkan fasilitas penunjang lain seperti pusat kuliner yang dapat menarik para pengunjung. (hi/alf)

Kurniasari Alifta
Mahasiswa Ilmu Komunikasi tingkat akhir yang juga nyambi sebagai penulis dan copywriter freelance. Memiliki ketertarikan pada dunia tulis menulis, jurnalisme, dan kebudayaan. Kadang bertempat tinggal di Wonogiri, kadang Jogja, kadang juga Wonosari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *