Kilas

Indonesia Segera Miliki Bandar Antariksa Sendiri

howdyindonesia.com – Impian Indonesia untuk memiliki bandar antariksa akan segera terwujud. Hal itu dikonfirmasi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) usai acara Rapat Koordinasi Nasional yang digelar 6-7 November lalu di Jakarta.

Dilansir dari laman resmi LAPAN, bandar antariksa tersebut direncanakan dibangun di Pulau Biak. Menurut Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, rencana pembangunan bandar antariksa itu merupakan amanat dari Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan dan Peraturan Presiden No.45 tahun 2017 tentang Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan 2016-2040.

“Dengan ditetapkan peraturan tersebut, maka program LAPAN untuk mewujudkan kegiatan peluncuran wahana antariksa untuk mengorbitkan satelit semakin jelas,” ujar Thomas.

Selain Pulau Biak, LAPAN telah melakukan kajian mengenai alternatif lokasi bandar antariksa seperti Pulau Enggano, Pulau Nias, dan Pulau Morotai. Dari beberapa lokasi tersebut yang memenuhi persyaratan teknis sebagai lokasi pembangunan bandar antariksa salah satunya adalah Pulau Biak, tepatnya di Desa Soukobye, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Dibandingkan dengan alternatif lokasi lain, Pulau Biak memiliki keunggulan kompetitif yaitu sangat dekat dengan ekuator atau garis khatulistiwa.Dengan posisi tersebut sangat baik sebagai tempat peluncuran Roket Peluncur Satelit (RPS) ke Geostationary Earth Orbit (GEO) dan berdampak positif pada penghematan penggunaan bahan bakar roket ketika peluncuran.

Thomas Djamaluddin berharap pembangunan bandar antariksa skala kecil seluas 100 hektar itu diharapkan pada 2024 sudah dapat dipergunakan untuk kegiatan uji terbang peluncuran roket-roket skala kecil. Rencana pembangunan bandar antariksa itu dalam rangka mewujudkan visi rencana induk keantariksaan menjelang 100 tahun kemerdekaan Indonesia. (hi/suf)

foto: Pixabay/WikiImages

Yusuf Harfi
Media, jurnalistik, dan budaya urban. Temui saya di media sosial @yusufharfi
http://www.howdyindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *