Ragam

Go Skateboarding Day, Hari Raya Anak Skate Sedunia

howdyindonesia.com – 21 Juni merupakan hari yang spesial untuk para skateboarders, sebutan untuk para penggemar aktivitas skateboard. Pada hari itu, Skateboarders merayakan “Go Skateboarding Day” (GSD) atau yang juga dikenal dengan Hari Skate Sedunia. Mereka, para skateboarders merayakannya dengan kegembiraan, kreativitas, dan semangat untuk meninggalkan aktivitas lain untuk pergi skateboarding.

Mereka mempromosikan aktivitas skateboarding dengan meluncur di jalanan kota dan berkumpul di skateparks untuk menyatukan komunitas skateboard. Tak hanya di Amerika Serikat, GSD juga dirayakan para skateboarders di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Perayaan Go Skateboarding Day selalu digelar meriah di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, hingga Yogyakarta.

Menilik dari sejarahnya, Go Skateboarding Day merupakan perayaan tahunan yang diprakarsai oleh International Association of Skateboards Companies (IASC) sebuah organisasi profit yang bertujuan untuk mempromosikan kegiatan skateboarding. GSD diperingati pada tanggal 21 Juni setiap tahun. Dilansir dari situs goskateboarding.org, peringatan GSD telah dilaksanakan sejak tahun 2004 di California, Amerika Serikat.

Sejak saat itu, setiap 21 Juni, para skateboarders di seluruh dunia menjadikan kegiatan skateboarding sebagai prioritas utama. Mereka meninggalkan aktivitas lain seperti bekerja hingga sekolah, sesuai dengan slogan mereka “No School, No Working, Just Skateboarding!”.

foto: Howdy Indonesia/ Yusuf Harfi

Aktivitas skateboarding pertama kali diperkenalkan oleh Frank Nasworthy, peselancar asal California pada 1940-an. Saat itu, ia ingin mencari alternatif lain bermain surfing saat air laut tidak berombak. Aktivitas skateboard pun dimainkan dengan papan yang mirip dengan papan surfing, bedanya ukurannya lebih kecil dan diberi ban untuk bisa meluncur di jalanan.

Di Indonesia, skateboard mulai populer pada tahun 1980-an. Aktivitas ini kemudian menjelma sebagai olahraga ekstrim yang digemari anak muda. Berbagai kegiatan dan komunitas skaterboard pun bermunculan hingga kini di berbagai kota. (hi/suf)

foto: Howdy Indonesia/ Anton Mahendra
Yusuf Harfi
Media, jurnalistik, dan budaya urban. Temui saya di yusuf@howdyindonesia.com
http://www.howdyindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *