Ragam

Dukung Teori Bumi Datar, Klub Spanyol Ganti Nama Jadi Flat Earth FC

howdyindonesia.com – Teori bumi datar tengahmenjadi perdebatan sejak beberapa tahun terakhir. Teori itu terus mencoba mematahkan teori yang telah lebih dulu populer yang mengatakan bahwa bumi berbentuk bulat. Gagasan mengenai bumi datar ialah sebuah konsepsi arkais dari bentuk bentuk sebagai bidang atau cakram. Banyak dari kebudayaan kuno yang menganut kosmografi bahwa bumi itu datar.

Meski banyak mendapat bantahan dari sisi ilmiah, para penganut teori bumi datar terus berupaya membuktikan gagasan tersebut. Selain pembuktian, gerakan untuk mendukung teori bumi datar juga digaungkan dalam sejumlah cara, termasuk sepak bola.

Sebuah klub sepak bola asal Spanyol, baru-baru ini mencuri perhatian. Klub tersebut baru saja mengumumkan perubahan nama klub dari sebelumnya bernama Mostoles Balompie menjadi Flat Earth FC. Tak hanya itu, klub yang berada di kasta keempat Liga Spanyol itu juga mengubah logonya menjadi berbentuk peta bumi datar.

Dilansir dari Marca, Minggu (7/7), keputusan kontroversial itu diambil oleh Presiden Klub Javi Poves. Ia mengaku ingin membantu mempopulerkan teori bumi datar yang juga dipercayai oleh sebagian orang.

“Kami adalah klub sepak bola profesional kasta keempat di Spanyol dan kami lahir untuk menyatukan suara jutaan pengikut gerakan bumi datar dan semua orang yang tengah mencari jawaban akan itu,” tutur Poves.

Menurutnya, sepak bola adalah salah satu media yang tepat untuk mempromosikan gerakan tersebut. Mengubah nama klub menjadi Flat Earth FC menurutnya adalah cara terbaik agar gerakan itu mendapat sorotan dari media.

“Sepak bola adalah olahraga paling populer dan paling mempunyai dampak di seluruh dunia, maka membuat klub yang diperuntukkan untuk mendukung gerakan bumi datar adalah cara terbaik agar disorot oleh media,” tambahnya.

Seperti diketahui, penamaan klub sepak bola biasanya diasosiasikan dengan nama daerah klub itu berasal. Namun, hal itu dimentahkan oleh Poves yang memberi nama klub sepak bola atas nama gagasan.

“Klub ini juga akan menjadi klub pertama di dunia yang diasosiasikan dengan gagasan tanpa membawa nama daerah tertentu,” ujar Poves

“Flat Earth FC adalah klub sepak bola pertama yang pendukungnya disatukan oleh hal yang penting, yakni gagasan yang sama,” tutup Poves. (hi/suf)


Yusuf Harfi
Media, jurnalistik, dan budaya urban. Temui saya di yusuf@howdyindonesia.com
http://www.howdyindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *