Kilas

Semarang Dinobatkan Jadi Kota Wisata Terbersih Se-ASEAN

howdyindonesia.com – Kota Semarang baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Kota Wisata Terbersih se-Asia Tenggara. Penghargaan tersebut diraih Kota Semarang dalam ASEAN Tourism Forum sebagai ASEAN Clean Tourist Standard 2020-2022 yang digelar di Brunai Darussalam, Kamis (16/1).

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Semarang, sejumlah program kebersihan memang telah digagas oleh Walikota Hendrar Prihadi, antara lain Gerakan Semarang Wegah Nyampah hingga larangan penggunaan sedotan dan kantong plastik.

Selain itu, masih normalnya emisi gas buang dari kendaraan serta keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang mencapai lebih dari 30 persen dari total wilayah menjadi kunci sukses Ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Pemerintah Kota Semarang mengklaim di tahun 2019 lalu, sekurangnya 7,2 juta wisatawan berkunjung ke kota yang terkenal dengan makanan Lunpia tersebut.

“Kami akan lebih fokus pada peningkatan kualitas tidak sekadar kuantitas kunjungan wisatawan untuk menggenjot bergulirnya roda perekonomian warga dari sektor wisata,” terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari.

Seperti diketahui, lama tinggal wisatawan di Semarang hanya sekitar 1-2 hari. Karenanya, dengan adanya peningkatan kualitas, lama tinggal, jumlah belanja dan pengeluaran wisatawan serta kualitas kunjungan mereka juga diharapkan naik.

Sebanyak 72 agenda wisata telah disusun sepanjang 2020 ini. Dua di antaranya yakni Arak-arakan Sam Poo dan Festival Kota Lama, telah masuk dalam 100 agenda wisata paling menarik untuk dikunjungi di Indonesia.

Lebih lanjut, Indriyasari optimis, dengan raihan predikat sebagai Kota Wisata Terbersih se-Asia Tenggara, Semarang akan semakin menjadi tujuan wisata di tanah air.

“Selain itu, Kota Semarang juga tidak akan dianggap remeh dalam dunia pariwisata Indonesia demi menyumbang devisa yang lebih banyak dari sektor ini,” pungkasnya. (hi/suf)

Yusuf Harfi
Media, jurnalistik, dan budaya urban. Temui saya di media sosial @yusufharfi
http://www.howdyindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *